tuhan pencipta keindahan

(Manusia dan keindahan)
Dunia ini amatlah indah pengertian indah adalah bagus cantik permain dan elok. Jika jiwa seni adalah rasa adanya keindahan, maka Al Qur’an menggugah dan menegaskannya dalam berbagai topic. Dengan kekuatan dia mengarahkan pandangan kepada hukum “kebaikan” atau “keindahan” yang dititipkan Allah kepada segala sesuatu yang diciptakan agar manusia memandang kepada hukum “manfaat” atau “kegunaan”-nya. Al quran juga mengatur manusia bagaimana menikmati keindahan atau perhiasan dan memanfaatkannya .
Allah SWT berfirman dalam bentuk penganugrahan binatang ternak ”Dan Dia telah menciptakan binatang ternak untuk kamu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai manfaat dan sebagiannya kamu makan.’ (An Nahl 5). Ini memperingatkan adanya manfaat dan kegunaan. Selanjutnya Allah berfirman “Dan kamu menikmati pandangan yang indah padanya, ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya ke tempat penggembalaan.” (An Nahl 6). Ayat ini memperingatkan sisi keindahan, yaitu mengarahkan pandangan kita kepada oknum Allah yang sangat indah yang tidak pernah ada tangan seorang makhluk senimanpun mampu melukisnya, melainkan dilukis oleh tangan Sang Pencipta Yang Maha Suci.
Orang yang melanglangbuana menelusuri dunia Al Qur’an tentu mengetahui dengan jelas bahwa Al Qur’an hendak menanamkan di akal dan hati orang mukmin yang tersebar di seluruh bagian dunia dari atas, bawah, dan sekitarnya. Yakni keindahan langit, bumi, tumbuh-tumbuhan, hewan dan manusia. Jika Islam mengajak merasakan dan mencintai keindahan maka cara mengunkapkan rasa dan cinta keindahan itu telah diatur dengan cara yang indah pula
Keindahan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Keindahan sangatlah penting bagi kehidupan manusia, bila ada seseorang yang ingin membangun rumah pasti dia akan membuat rumahnya seindah mungkin. Keindahan memang bisa memanjakan mata manusia dan sangat enak untuk dipandangan .keindahan termasuk juga kebaikan kita bisa lihat dari tingkah laku manusia yang baik seperti menolong dan memaafkan bila kita lihat lagi kejadian itu sangat lah indah. Pertemuan anak dan orang tua yang sudah lama tak bertemu sangat lah pemandangan yang indah. Manusia sering mengatakan sesuatu indah saat melihat pemandangan yang sangat indah seperti saat liburan bisa k pegunungan ke pantai atau mungkin pedesaan di dunia ini sangat banyak tempat yg indah itu tidak luput dari ciptahan tuhan yang maha pencipta yaitu allah subhana wata’alla.keindahan itu perlu dijaga agar tidak terjadi yang namanya keburukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s